Kamis, 12 Januari 2012

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan


Pengaruh Perkembangan IPTEK dalam Kehidupan Masyarakat





Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Begitu banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan lebih mudah dan cepat dari pada sebelumnya. Yang paling terlihat jelas adalah perkembangan alat komunikasi. Kemajuan dalam berkomunikasi semain lama semakin mudah dan cepat, informasi yang ingin disampaikan dari maupun kepada masyarakat pun akan semakin akurat dan cepat.Mulanya dulu hanya ada surat dan telepon kabel, kini telah berkembang menjadi handphone, laptop, i-pad dan lain sebagainya. Dahulu handphone merupakan kategori barang mewah yang tidak semua orang dapat memilikinya, tetapi dapat kita lihat sekarang hampir semua kalangan mulai dari pekerja kantoran sampai supir angkot dapat memilikinya. Yang dulunya untuk memberi kabar kepada seseorang membutuhkan waktu yang lama, sekarang hanya butuh waktu beberapa menit bahkan detik untuk memberi kabar kepada seseorang. Dalam hal ini tujuan perkembangan teknologi dapat kita lihat yaitu untuk membuat kehidupan manusia dapat berjalan dengan lebih mudah bisa dikatakan telah tercapai.
Ternyata perkembangan zaman pun menuntut untuk perkembangan kebutuhan, hal ini nampak jelas pada kalangan mahasiswa. Mahasiswa yang tidak mempunyai handphone atau laptop maka mereka akan merasa kesulitan karena begitu banyak pekerjaan yang mebutuhkan alat ini dan secara tidak langsung mereka akan lebih tertinggal dibandingkan dengan mahasiswa yang memilikinya. Kehidupan tiap individu dan teknologi informasi dalam masyarakat akan menjadi sangat erat hubungannya, karena dengan adanya media informasi tersebut kita akan semakin cepat mengetahui kabar terbaru dari lingkungan sekitar kita dan menambah wawasan kita terhadap berbagai pengetahuan umum yang ingin kita ketahui.

Namun, setiap perubahan pasti akan membawa efek samping atau dampak tertentu bagi yang terlibat. Tentunya ada dampak positif juga ada dampak negatif. Banyak hal yang berubah terkait dengan perkembangan IPTEK ini, terutama pola hidup masyarakat.  
Dampak Positif
  • Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  • Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
  • Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan
  • Dengan internet dapat menghemat biaya dan tenaga yang dikeluarkan bila dibandingkan dengan bertukar informasi melalui pos surat.
Dampak Negatif
  • Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajarela
  •  Pelanggaran terhadap hak-hak privasi seperti pembajakan lagu dan film
  • Penipuan dengan cara memanipulasi data pada rekening bank, pencurian informasi berharga melalui virus computer, penyadapan email, dll.
Bagaimana meminimalkan dampak negatif  yang terjadi akibat perkembangan IPTEK?
Menurut saya suatu perubahan haruslah disikapi dengan kebiajakan dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku, begitu pula dengan kemajuan teknologi informasi agar kemajuan tersebut dapat membantu dan memudahkan kita dalam mendapatkan maupun bertukar informasi bukan malah membawa kita ke dalam hal-hal yang negatif. Meskipun teknologi itu diciptakan untuk kepentingan bersama dan untuk memudahkan masyarakat, akan tetapi tetap saja ada efek samping negatif seperti yang telah dipaparkan di atas. Semua itu sebenernya kembali kepada diri  kita masing-masing, bagaimana kita memanfaatkan dan mengggunakan untuk apa teknologi tersebut. Kita juga harus mengetahui kebutuhan kita akan informasi yang ingin kita dapatkan juga menghargai privasi milik orang lain. Dengan demikian dampak negatif dari perkembangan IPTEK akan dapat diminimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar