Rabu, 11 Januari 2012

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan

Perbedaan Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan

Masyarakat memiliki arti yaitu sekumpulan makhluk hidup yang menempati daerah yang memiliki aturan norma yang harus dipatuhi oleh setiap anggota masyarakat di daerah tersebut. 

Seperti yang kita tahu di Indonesia terdapat masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan, kedua jenis masyarakat ini sangat jauh berbeda. Perbedaan tersebut  dapat kita dilihat dari berbagai hal, seperti rumah-rumah tempat masyarakat tinggal, mata pencaharian masyarakat tersebut, kepadatan penduduk, tingkah laku, bahasa yang digunakan,  cara berpakaian dan sebagainya.  Dari kenyataan yang bisa kita lihat, masyarakat perkotaan secara keseluruhan memang bisa dibilang jauh lebih maju daripada masyarakat pedesaan, tetapi menurut saya kenyamanan lingkungan masyarakat pedesaan lebih nyaman dan lebih sejuk daripada masyarakat perkotaan.

Seperti yang dapat kita lihat sendiri, di dalam masyarakat perkotaan rasa nyaman, tentram, dan damaipun sudah sulit untuk ditemukan karena di kota terdapat banyak pabrik-pabrik besar, kendaraan-kendaraan yang menimbulkan polusi, bahkan tempat-tempat hijau yang dapat menghasilkan oksigen justru dimusnahkan untuk membangun berbagai macam tempat. Rasa kepedulian terhadap lingkungan dapat dibillang memprihatinkan. Sedangkan di dalam masyarakat pedesaan rasa solidaritas, kekeluargaan, kenyamanan, kedamaian masih sangat kental. Kepedulian terhadap lingkungan patut diteladani. Memang harus diakui masyarakat pedesaan pemikirannya tidak semodern masyarakat perkotaan, lapangan pekerjaan pun sulit didapatkan karena desa bisa dikatakan hanya berisi dari kegiatan pertanian yang manjadi pekerjaan dan sumber utama untuk memenuhi kelangsungan hidup mereka .Tidak dapat dipungkiri lagi daerah desa sangat nyaman dan tentram, damai, sejahtera, serta daerahnya pun dihiasi oleh pemandangan yang masih indah dan asri.


Sudahkah terjalin hubungan simbiosis mutualisme yang baik dalam kehidupan bermasyarakat?

Menurut saya, dalam masyarakat kota hubungan simbolis mutualisme yang baik sangat kurang karena kebanyakan masyarakat kota lebih individualis dan jauh dari kata kebersamaan antar sesama dalam kehidupan bermasyarakatnya. Berbanding terbalik dengan masyarakat desa yang hubungan simbolis mutualismenya yang terjalin sangat baik, karena masyarakat pedesaan hidup lebih penting mengutamakan kebersamaan antar sesama dalam kehidupan bermasyarakatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar