Rabu, 11 Januari 2012

Pemuda dan Sosialisasi

Peranan Organisasi Pemuda dalam Masyarakat
Organisasi merupakan pilihan dari kebanyakan orang yang ingin belajar untuk lebih mengetahui berbagai hal, belajar untuk mengemukakan pendapat, dan memberikan sesuatu kepada orang lain sebagai sasaran dari setiap acara yang akan dilakukan. Organisasi yang sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu bangsa, lebih sempitnya lagi pedesaan ataupun perkampungan adalah organisasi kepemudaan karena banyak yang bilang bahwa pemuda sebagai bibit penerus pembangunan bangsa. Seperti yang kita tahu Negara Indonesia telah berkembang, kehidupan masyarakatnya pun mulai ikut berkembang. Saat ini, telah banyak terbentuk banyak organisasi. Suatu organisasi sangat berperan dalam masyarakat , karena organisasi dapat membantu/mengajak masyarakat untuk lebih aktif dalam lingkungan & kehidupannya.
Di lingkungan tempat saya tinggal pernah diadakan organisasi pemuda tetapi dari kabar-kabar  yang saya dengar organisasi kepemudaan itu tidak produktif atau bisa dibilang lebih cenderung pasif. Hal tersebut sangat disayangkan karena apabila organisasi tersebut dapat berjalan dengan baik maka pasti banyak manfaat yang akan didapat. Banyak faktor yang dapat mengakibatkan organisasi tersebut menjadi pasif, di antaranya faktor ekonomi, tidak adanya orang sebagai penggerak, kurang mendukungnya fasilitas termasuk lingkungan tempat tinggal, atau tidak ada minat dari pemuda tersebut untuk bergerak dan melakukan hal positif bisa dibilang hanya untuk ingin eksis dilingkungannya.
Menurut saya hal tersebut dapat diatasi dengan diadakannya forum yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat baik dari golongan tua sampai para pemuda-pemudi untuk merumuskan masalah apa yang harus dilakukan yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat, persiapan apa saja yang harus diperhatikan, hal apa saja yang bisa dikembangkan oleh pemuda, dan sebagainya. Hasil yang diperoleh bisa disampaikan kepada pihak terkait, seperti camat untuk sekedar memperoleh tanggapan terhadap rencana yang akan dilakukan.
Saya pernah membaca sebuah blog yang menceritakan tetang organisasi pemuda di lingkungannya, saya cukup tertarik karena disana ia menceritakan dalam organisasi tersebut para remaja yang tinggal disekitar komplek, bisa ikut atau tergabung dalam organisasi itu. Organisasi ini bisa dibilang organisasi yang cukup aktif. Salah satu keaktifan organisasi itu adalah mengajak para remaja organisasi teresbut untuk bergabung dalam komunitas belajar, membantu segala kegiatan yang ada dilingkungan komplek serta tempat membagi cerita dan pengalaman. Para anggota terjun langsung untuk membantu kegiatan yang ada di lingkungan komplek mereka.
Maka dari itu , banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari suatu/sebuah organisasi. Kita dapat menuangkan ide positif , kita dapat dikenal masyarakat sekitar karena keaktifan kita dalam sebuah organisasi , kita juga dapat bersosialisasi dengan baik. Sosialisasi sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat. Mau tidak mau, proses sosialisasi pasti akan kita hadapi dan jalani didalam kehidupan. Karena manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar