Sabtu, 30 Juni 2012

Pentingnya Sebuah Harapan...

Pengertian Harapan

     Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Harapan dapat diartikan sebagai menginginkan sesuatu yang dipercayai dan dianggap benar dan jujur oleh setiap manusia dan harapan agar dapat dicapai, memerlukan kepercayaan kepada diri sendiri,kepercayaan kepada orang lain dan kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Dengan demikian Harapan dapat dikatakan menyangkut Masa Depan. 



Setiap Manusia pasti mempunyai Harapannya masing-masing. Manusia yang tanpa harapan, berarti manusia itu dapat dikatakan mati dalam hidup karena harapan juga merupakan suatu acuan untuk melangkah ke depan . Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup, dan kemampuan masing-masing. Berhasil atau tidaknya suatu Harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha yang keras dam sungguh-sungguh. Manusia wajib selalu berdoa. Karena usaha dan Doa merupakan sarana terkabulnya harapan.
Harapan tidak berbeda jauh dengan cita-cita karena cita-cita itu merupakan harapan di masa depan, keduanya mempunyai tujuan untuk masa depan.

Tanpa mempunyai harapan atau cita-cita dalam hidup, kemungkinan besar yang terjadi adalah tidak terarahnya maksud dan tujuan dari karir kita masing-masing, semua dijalankan tanpa memikirkan baik buruk ke depannya karena tidak mempunyai satu tujuan yang benar-benar menjadi patokan. Tetapi terkadang harapan itu tidak selalu dapat kita capai sepenuhnya, karena semua kembali kepada jalan yang telah ditetapkanm Tuhan Yang Maha Esa. Harapan seorang manusia belum tentu sejalan dengan jalan yang ditetapkanNya. Maka dari itu kita hanya dapat berdoa dan berusaha.

Saya mempunyai harapan untuk masuk universitas negeri, tetapi pada kenyataan harapan saya itu tidak tercapai. Tetapi disini saya belajar untuk menyadari bahwa apapun hasilnya, itu adalah jalan yang terbaik yang ditunjukkanNya kepada kita. 

Mengapa demikian?

Karena pada kemudian saya pun mempunyai harapan kembali untuk mendapat nilai atau IP yang maksimal pada semester 1 kemarin, dan pada kenyataannya harapan itu tercapai. Bahkan lebih dari yang sudah saya targetkan.
Mungkin bila difikir-fikir sungguh tidak adil jika kita memperhitungkan perjuangan yang sudah kita jalani, tetapi disini kita harus belajar menjadi menjadi seseorang yang sportif, karena apa yang kita fikir baik untuk kita belum tentu itu adaalah yang terbaik di mata Tuhan.


          Manusia mempunyai harapan masing-masing. Dengan adanya harapan itulah yang menjadi motivasi agar tercapainya impian kita. Harapan setiap manusia pasti ingin menjadi sukses dan hidup bahagia. Untuk menjadi sukses dan hidup bahagia setiap manusia mempunyai jalan yg berbeda untuk mencapainya. Hidup ini tak selama nya lurus seperti apa yang kita harapkan, ada saja liku-liku dalam kehidupan. Satu hal lagi, apabila kita mau mewujudkan harapan itu sesuai dengan kenyataannya kita harus mempunyai rasa suatu kepercayaan di dalam hati kita dan tentunya harus selalu kita bawa dalam doa, karena itu adalah dasar untuk kita mencapai kata sukses.

1 komentar: